Biji Ketapang – Makanan Khas Bekasi

Biji Ketapang Khas BekasiKue legendaris dari dapur Betawi ini memang muncul dihari-hari istimewa. Bentuknya kecil pipih mirip biji ketapang. Rasanya agak keras-keras renyah dan manis. Suaranya kriuk.. kriuk saat dikunyah. Percayalah sekali makan kue buatan encing dan encang ini dijamin kagak bisa berhenti!

Pernah melihat pohon ketapang? Pohon rindang berdaun lebar dan tinggi ini banyak terdapat di tepi jalan-jalan besar Jakarta di masa lalu. Pohon ini mempunyai buah yang kulitnya keras. Bentuk bulat dengan ujung yang runcing, isinya berwarna putih seperti almond dengan rasa gurih renyah.

Biji ketapang ini disebut juga dengan almond Malabar atau almond Singapura. Karena banyak tercecer di jalanan maka biji ketapang sering dipungut untuk dimakan. Karena itulah orang Bekasi saat membuat kue kering membentuknya runcing kecil mirip biji ketapang.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan mentega. Adonan kemudian dibentuk silinder panjang dan dipotong miring hingga kedua ujungnya runcing. Potongan adonan ini kemudian digoreng kering. Rasanya sedikit keras, renyah dengan rasa manis-manis gurih.

Saat ini kue ini sudah tidak banyak dijual. Umumnya dibuat oleh masyarakat Bekasi untuk acara istimewa seperti Lebaran atau acara pernikahan. Kue ini biasanya ditaruh dalm stoples berutup dengan hiasan kertas minyak warna-warni.

Karena umumnya orang tidak telaten lagi membuat kue biji ketapang ini. Maka sudah hampir punahlah makanan ini..

Warung Mpok Nini, Pusat Makanan khas Bekasi..

MENERIMA PESANAN kue Biji Ketapang..

1 Toples [0.5 Kg] Hanya Rp.30.000,- saja…

Dengan tetap mengunyah kue yang renyah-renyah gurih ini kita bisa ikut melestarikan kuliner Bekasi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s